Bubuk Es Krim Laxefu, Es Krim Rumahan Banyak Pesanan

Rasanya lembut, tidak neg, es krim Laxefu ini tersedia dalam bentuk jadi atau bubuk yang bisa dibikin sendiri dengan mudah. Rasa dan harga yang terjangkau ini menjadikan Laxefu banyak diminati pelanggannya.

“Sebelum Covid-19, saya bisa dapat 700 ribu-900 ribu/hari,” kata Titik Umiyati (45 tahun) menyebut omzetnya. Penjualan dari es krim yang siap santap dengan harga Rp 35.000,-/kotak (kira-kira 300gr) dan bubuk es krim kemasan 500gr dengan harga Rp 50.000,-.

Harga tersebut lumayan terjangkau dibandingkan dengan bubuk es krim pabrikan yang sudah beredar. Selain itu, ada kepuasan tersendiri bila bisa membuat es krim sendiri dengan bubuk instan tersebut. Satu kotak bisa jadi 2,5-3 kotak es krim siap santap. Jadi harganya lebih murah kalau membeli bubuk dan dibuat sendiri.

Titik Umiyati mempraktikkan pembuatan es krim. Foto: Mall UMKM/Adhi Kusumo

“Caranya gampang, tinggal ditambahkan air es lalu di-mixer selama 10-15 menit. Masukkan freezer, jadi,” kata Titik yang juga ketua IPAMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) Kota Kediri. Ia juga kerap diundang pelatihan cara membuat es krim dan juga pelatihan wirausaha lainnya. Menurut Titik, dari pelatihan itu lahirlah para pengusaha baru. Ada yang menjual es krim jadi, ada yang melayani untuk pesta, ada pula yang re-seller dari bubuk es krimnya.

“Yang re-seller ini juga untung loh. Tidak ada risiko, bisa untung,” kata Titik. Untuk menjadi re-seller, cukup membeli minimal 10 boks, akan diberi diskon Rp 10.000,-/boks. Ia akan bisa menjual dengan harga sama dengan Titik atau lebih mahal. Dengan sistem itu, Titik sudah mengirim produknya ke berbagai kota di Jawa Timur. Juga pembelian melalui media sosial dan marketplace ke beberapa kota di Indonesia.

Menilik ke belakang, usaha yang digeluti sejak Februari 2020 ini bukan usaha pertamanya. Titik sudah mencoba berbagai usaha mulai dari membuat usaha sandal rajut, kerajinan bros, hingga aneka kue. Bahkan sempat kue keringnya lolos kurasi untuk ekspor namun ia tak bisa memenuhi kuota produknya sehingga memilih mundur.

Cukup dimixer 10-15 menit, es krim siap dibekukan. Foto: Mall UMKM/Adhi Kusumo

Perjalanan itu menjadikan Titik menimba banyak pengalaman. Ia tak lelah mencoba sampai akhirnya menemukan formula es krim yang diberi merek Laxefu, dari akronim nama anaknya Lala, Xena, dan Furqon.

“Percobaannya habis banyak juga loh, sampai tetangga dan saudara-saudara bosan kali ya saya kasih produk “gagal” itu,” kata Titik sambil tertawa. Kini, tidak hanya es krim bubuk dan es krim jadi, Titik juga membuat varian tart ulang tahun dari es krim.

Es Krim Laxefu
Titik Umiyati
IG: laxefu_icecream
IG: laxefuproduction.id
Perumahan Tosari Indah Persada, Blok G.5
Jl. Ratulangi II, 7-B/RT 002 RW 003, Kel. Setono Pande, Kota Kediri

Give a Comment