Fokus Jualan Online, Poster Kayu Cakep Production Tembus Pasar Luar Negeri

 

Sudah dua tahun ini Cakep Production aktif menerima pesanan poster kayu secara online. Sebagai pemilik usaha, Ari Nugroho memilih tema gambar-gambar grup band baik dalam maupun luar negeri sebagai produk andalannya. Tema ini dipilih karena belum banyak di pasaran. “Dulu saya pernah nyari di mana-mana tidak ada. Kalaupun ada harganya sangat mahal,” terang Ari.

Di tahun pertama usaha, penjualan tidak langsung tinggi. Ari sadar produk home décor berbeda dengan produk makanan maupun pakaian yang banyak dibutuhkan masyarakat. Meski demikian, pria 39 tahun ini percaya bahwa produk buatannya suatu saat akan ramai dibeli.

“Saat awal usaha, hanya laku satu-dua barang per hari bahkan kadang tidak ada pesanan. Saat itu saya sambi jualan gambar desain di situs luar negeri,” tambah pria asli Blitar ini.

Semakin lama, akun toko online milik Ari semakin dikenal di salah satu marketplace. Ratingnya semakin bagus karena para konsumen yang berbelanja di sana mendapat pelayanan yang memuaskan. Barangnya pun dikenal murah dan berkualitas sehingga banyak konsumen yang melakukan pembelian berulang.

Bentuk poster kayu buatan Cakep Production sangat menarik. Bahan dasarnya dari kayu plywood yang dibeli langsung dari penjual kayu lokal. Bagian depan ditempeli stiker kualitas premium sehingga tidak mudah mengelupas. Sebagian besar gambar grup band didapatkan Ari dari internet dan diberi sedikit “sentuhan” agar lebih menarik.

“Untuk pesanan custom, pembeli mengirimkan gambar sendiri. Saya tinggal edit sedikit,” beber pria yang jago desain grafis ini.

Untuk pesanan dengan gambar yang sudah ada di katalog, proses pembuatannya lebih cepat. Konsumen yang pesan sebelum pukul 12 siang, barang bisa langsung dikirim di hari yang sama. Sedangkan untuk pesanan custom, sistemnya pre-order. Jadi barang baru dikirim satu atau dua hari kemudian.

“Selain gambar band, saya juga produksi poster kata-kata bijak. Total sudah ada 1200 desain di katalog saya. Pembeli tinggal milih,” tandasnya.

Dalam sehari, Ari bisa memproduksi 20 poster kayu. Pembelian tidak hanya perorangan saja. Beberapa kali dia juga mendapat pesanan dari instansi swasta untuk pajangan kantor atau kafe-kafe. Ada dua ukuran standar yang dijual. Poster ukuran 20×27 cm dijual Rp 35 ribu. Sedangkan ukuran 30×40 cm dijual Rp 65 ribu.

“Pembeli bisa memesan di luar ukuran tersebut, tapi sistemnya pre order jadi tidak bisa langsung jadi,” bebernya.

Beberapa contoh gambar poster yang dijual Cakep Production.

Jika Ari memegang bagian produksi, istrinya yakni Dhana Maharani bertugas sebagai admin store online dan media sosial. Untuk menjaga performa toko agar tetap bagus, perempuan 36 tahun ini rela begadang setiap harinya. Pasalnya notifikasi percakapan yang masuk ke akun toko justru ramai ketika sore hingga malam hari.

“Seringkali tengah malam terbangun karena ada pesan masuk. Saya selalu siaga untuk menjawab pertanyaan pembeli agar performa toko tetap terjaga,” tegasnya.

Berkat ketelatenan pasangan suami istri ini, Cakep Production sudah menjadi star seller plus. Bahkan toko ini sudah menembus pasar ekspor yakni Malaysia, Singapura dan Filipina. Mekanismenya diatur marketplace yang mereka ikuti. Jadi mereka tidak terlalu terbebani biaya ongkos kirim dan sistem yang rumit.

“Kami kirimnya ke droppoint di Jakarta dengan menyertakan note alamat pembeli yang di luar negeri. Saat sampai Jakarta, uang pembelian bisa langsung cair jadi tidak lama menunggunya,” terang Dhana.

Ari Nugroho, pemilik usaha Cakep Production.

Meski ratingnya bagus, Ari dan Dhana kadang mendapat keluhan dari pembeli. Jika memang produk yang didapatkan cacat, mereka rela untuk menggantinya secara cuma-cuma meski kesalahan terkadang ada pada pihak ekspedisi. “Saya berharapnya konsumen DM (direct message, red) dulu jika ada komplain. Jangan langsung memberikan rating buruk karena bisa mempengaruhi performa toko,” harap Dhana.

Lokasi : Perum Griya Lirboyo Harmoni, No. 1B, RT 03/RW 02, Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Instagram : productioncakep

WhatsApp : 0812 3442 9471

Give a Comment