“Hore Motret”, Kegiatan Memotret Produk oleh KPK Ramaikan Mall UMKM Kediri Sale 2020

KPK (Kelas Pagi Kediri), komunitas fotografi turut meramaikan Mall UMKM Kediri Sale 2020 yang digelar oleh Pemkot Kediri bersama Tokopedia, 25-30 September 2020. Selain pameran foto, siswa KPK juga mengadakan kegiatan memotret produk di tiga lokasi pameran bersamaan pada Minggu, 27 September 2020. Lokasi pameran tersebut yaitu SK Coffee Lab, Okui, dan Coffee Station.

Selain pameran dan pemotretan produk, di SK Coffee Lab juga ada demo membuat boneka rajut amigurumi oleh Kreasi Hyuka. Foto : Mall UMKM / Adhi Kusumo.

“Tujuannya membantu pelaku UMKM mendapatkan foto produk berkualitas yang bisa mendukung pemasaran produk mereka,” kata Adhi Kusumo, Kepala Sekolah KPK.

Setiap tempat mengusung konsep pameran berbeda, pun saat pemotretan tiap lokasi juga dibedakan. SK untuk pemotretan kriya dan jajanan, Okui untuk produk fashion, dan Coffee Station untuk produk khusus kuliner.

Kegiatan memotret fashion oleh siswa KPK (Kelas Pagi Kediri) di Okui Creative Hub. Foto: Mall UMKM/Adhi Kusumo.

Semua acara tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang diwajibkan selama masa pandemik ini. Untuk mendukung anjuran jaga jarak, acara ini juga disiarkan secara live di IG KelasPagiKdr supaya masyarakat di rumah bisa juga mengikuti rangkaian acara dengan aman dan nyaman.

Untuk pameran, tiap lokasi sengaja dibuat dengan konsep yang berbeda menyesuaikan segmen pasar masing-masing tempat. Di SK Coffee Lab, tempat nongkrong anak-anak muda hingga pekerja muda, dijadikan tempat untuk memajang foto-foto produk umum. Di Okui Creative Hub, tempat anak muda hype dan edgy Kota Kediri, dijadikan lokasi untuk foto-foto produk yang berkonsep modern dan kreatif. Dan terakhir Coffee Station yang notabene tempat nongkrong berkonsep vintage dan klasik, sengaja menjadi lokasi pameran foto-foto produk legendaris Kota Kediri.

Salah satu siswa KPK dengan sabar mengajarkan cara memotret produk dengan memakai kamera HP. Foto : Mall UMKM / Adhi Kusumo.