Kopi Berontoseno, Kopi Legendaris Asal Kota Kediri

Ketika belum banyak kafe, café De Brontos sudah menjadi tempat pertemuan di Kota Kediri. Sebuah kafe yang menjadi outlet dari perusahaan kopi legendaris, Berontoseno.

“Perusahaan kami berdiri tahun 1956, saya generasi ke-2,” kata Herman Suwandi, pemilik kopi Berontoseno. Metamorfosa produk Berontoseno ini mengikuti kebutuhan pasar. Mulai dari menjual kopi bubuk kemasan besar, kemudian menjadi kopi sachet paket dengan gula, dan perubahan kemasan yang semakin kekinian. Ada pula yang dikemas eksklusif dengan kaleng. Harga mulai dari Rp 27.000,-/250 gr hingga ratusan ribu.

Herman Suwandi, pemilik kopi Berontoseno. Foto: MallUMKM/Adhi Kusumo

Tak hanya menjual kopi bubuk, Berontoseno juga menjual kopi yang sudah siap minum. Baik kopi di dalam gelas (cup) dan kopi botol dengan harga ramah kantong. Mulai dari Rp 12.000,- sampai Rp 15.000,- untuk kopi cup. Sedangkan kopi botol dijual dengan harga Rp 52.000,- hingga Rp 65.000,-.

Lini usaha Berontoseno pun berkembang memproduksi kukis berbasis kopi yaitu coffe drop, mocca flava, dan black coffee. Harganya Rp 50.000,- hingga Rp 65.000,- per toples.

“Tapi satu yang kami pertahankan, yaitu kualitas. Kami berkomitmen memproduksi kopi berkualitas bagus,” tambah Herman.

Kekhasan rasa dari kopi Berontoseno ini sudah akrab bagi masyarakat Kediri dan sekitarnya. Berontoseno menyediakan dua jenis kopi yaitu arabika dan juga campuran antara arabika dan robusta yang dijual dalam kemasan.

Proses pengolahan kopi Berontoseno, Kediri. Foto: Mall UMKM/Briant Banana

Menurut Herman, usaha yang dikelola turun temurun ini selalu mempertahankan kepercayaan pada pelanggan. Dengan menjual kopi berkualitas bagus, pelanggan tidak pernah kecewa dengan ekspektasinya.

Menghadapi pesaing yang semakin banyak, Berontoseno hadir dengan legenda keklasikannya meski dengan kemasan modern. Selain kualitas yang tetap dipertahankan, brand kenangan yang sudah dibangun menjadi nilai plus bagi kopi ini untuk bertahan.

Kopi Berontoseno
Jl. Dhoho No.151, Jagalan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur 64125
WA 081231889922

Give a Comment