Madumongso Fresh “Mbah Atun”, Makanan Lebaran yang Bisa Tersaji Tiap Hari

Lebaran memberikan menu beragam. Kadang-kadang, kita rindu dengan penganan yang hanya keluar setahun sekali. Melihat peluang ini, beberapa UMKM membuat produk penganan Lebaran yang bisa dinikmati setiap hari.

Salah satunya madumongso. Penganan manis berbahan ketan, kelapa, dan gula merah ini kerap kali menandai meja makan saat Lebaran. Kekhasannya, selain rasa, juga tampilannya. Dibungkus dengan kertas kreb warna ngejreng yang semarak.

“Saya mewarisi resep mbah saya membuat madumongso ini,” kata Lina Martasari (34 tahun), penerus madumongso “Mbah Atun”. Bagi keluarga Lina, madumongso buatan Mbah Atun selalu ditunggu kehadirannya. Menjadi perekat keluarga saat Lebaran.

Memasak madumongso membutuhkan kesabaran. Foto : Mall UMKM / Adhi Kusumo

Lina berinisiatif menjual dan memberi label madumongso dengan nama neneknya. Ia memulai usahanya pada 5 Juni 2018. Ternyata, sama seperti keluarganya, banyak orang pun menyukai madumongso ini.

“Kalau kata pembeli, madumongso “Mbah Atun” ini legit, empuk, dan lumer,” tambah Lina. Selain itu, Lina mempertahankan kualitas dengan membuat madumongso tanpa pemanis buatan. Lina tak pernah memproduksi terlalu banyak atau menyimpan stok terlalu lama, agar kualitas dan kesegaran produk tetap terjaga. karena alasan itu pula lah, Lina lebih mengutamakan made by order, yaitu pembuatan produk berdasarkan pesanan.

Tentang harga, untuk kemasan 1 kg dengan harga Rp 75.000,- kemasan besek. Lina juga menyediakan dengan kemasan kotak 0,5kg dengan harga Rp 40.000,-, dan kotak 1kg dengan harga Rp 80.000,-. Bila ingin minta bungkus per satuan, dihargai Rp 90.000,- dengan berat 1kg.

Lina Martasari, pemilik usaha jajanan tradisional madumongso “Mbah Atun”. Foto : Mall UMKM / Adhi Kusumo

Penjualannya pun lumayan. Bahkan pada saat Lebaran tahun 2019, ia menghasilkan laba bersih setara dengan harga sepeda motor baru.

Untuk mengenalkan madumongso ke pasar milenial, Lina berupaya mempopulerkan madumongso sebagai campuran untuk olesan roti tawar ataupun topping es krim. Pun dalam hal varian produk, ia juga membuat tape, wajik, dan jadah dengan merek yang sama.

“Pemkot Kediri juga membantu dalam hal pengemasan lebih kekinian, juga kurasi dan penilaian produk sehingga kami bisa meningkatkan kualitas,” tambah Lina.

Madumongso “Mbah Atun”
IG @madumongso_mbahatun
HP. 089696716398

Give a Comment