Merah Delima Bakery, Roti Kualitas Premium dengan Harga Ekonomis

Merah Delima Bakery merupakan produk roti lokal yang cukup terkenal. Maklum, pemilik usaha ini yakni M. Fauzan merupakan pemain lama. Dia sudah bergelut di dunia roti sejak tahun 1993 lalu. Berkat pengalaman panjangnya, roti hasil buatannya disukai masyarakat.

Fauzan memulai perjalanan karirnya dengan bekerja di sebuah pabrik roti. Setelah dua tahun berjalan, dia memutuskan untuk memulai sendiri usahanya di bidang yang sama. “Selain mengandalkan pengalaman pribadi, ada teman yang support saya untuk buka usaha secara mandiri,” terang Fauzan saat ditemui di outletnya di Jalan Penanggungan, Kelurahan Bandarlor, Kota Kediri.

Di awal usaha, Fauzan hanya bermodalkan uang Rp 300 ribu. Dengan uang tersebut, dia membeli meja untuk membuat roti, oven, dan gerobak roti. Sedangkan lokasi usahanya berpindah-pindah tergantung biaya sewa bangunan. Dua tahun berjalan, Fauzan pun mulai bosan. Usahanya berjalan stagnan.

Setelah menikah di tahun 1997, Fauzan mulai bersemangat kembali membangun bisnisnya. Usahanya pun langsung meningkat pesat. Dari yang sebelumnya hanya produksi 3-5 kg tepung terigu per hari, melonjak hingga 15 sak tepung per hari. “Selama krisis moneter, usaha sempat terdampak tapi hanya beberapa bulan saja,” tambahnya.

Di tahun 2004, Fauzan memutuskan pindah ke lokasi yang kini menjadi outlet tetapnya yakni di Perumahan Gips, Kelurahan Bandarlor. Lokasinya yang berada di Jalan Penanggungan, Kota Kediri membuat outlet ini cukup ramai dikunjungi masyarakat. Apalagi letaknya tidak jauh dari rumah sakit dan pondok pesantren besar.

Setiap hari Fauzan memproduksi roti di outletnya. Di hari normal, 70 persen roti yang diproduksi untuk memenuhi pesanan, sedangkan sisanya untuk stok outlet dan dijual keliling. Hanya saja selama wabah, penjualan Merah Delima Bakery turun hingga 60 persen. Makanya kini produksi hanya sekitar 2 hingga 4 sak tepung terigu.

“Selain di outlet, roti juga dijual menggunakan gerobak keliling ke pemukiman penduduk,” beber pria 55 tahun ini.

Pekerja sedang sibuk membuat roti di tempat produksi

Fauzan sendiri saat ini memiliki empat outlet tetap. Selain di Jalan Penanggungan. dia juga memiliki outlet di Pasar Pahing Kota Kediri, Pagu, dan Gringging, Kabupaten Kediri. Selain itu rotinya juga beredar di Tulungagung, Blitar, Kertosono, dan Nganjuk.

Meski menjadi produsen besar, Fauzan ikut terpukul oleh pandemi yang dampaknya dirasa melebihi krisis moneter dulu. Apalagi saat lebaran lalu. Produksi roti keringnya yang sudah di-stok ratusan dus hampir tidak bisa keluar gudang karena adanya lockdown. Di tengah kegalauannya, Fauzan tiba-tiba mendapatkan telepon dari asisten Gubernur Jawa Timur.

“Ada yang tanya roti saya, katanya dari pihak Bu Khofifah. Dia minta sekitar 400 dus stok kue kering. Alhamdulillah sekali, akhirnya roti saya laku,” ujarnya bersyukur.

Meski menjadi pemain lama, Fauzan tidak kaku. Dia selalu berinovasi dan memperbaharui varian rasa dan bentuk roti-rotinya menyesuaikan dengan selera dan tren yang ada di masyarakat. Tidak jarang pelaku usaha lain seperti cokelat, selai, keju, dan bahan pendukung lainnya datang ke outletnya untuk bekerjasama.

“Saya sudah ada brand langganan. Kalau mereka ada produk baru biasanya datang untuk demo ujicoba dan mengenalkan ke saya. Jadi produk saya pun ikut bervariasi,” tandas bapak tiga anak ini.

Meski banyak pengusaha roti di Kota Kediri, Fauzan tidak gentar. Dia percaya konsumennya cukup loyal. Salah satu pengikatnya adalah kualitas produk premium dengan harga ekonomis. Untuk roti dengan ukuran paling kecil dengan berbagai jenis bentuk dan isian dijual Rp 2 ribu- Rp 7 ribuan. Sedangkan yang ukurannya lebih besar dijual Rp 7.500 sampai Rp 15 ribu.

Salah satu produk Merah Delima Bakery

“Roti saya tahan sampai lima hari. Kalau masih ada stok roti usia tiga hari, langsung kita jual setengah harga. Jadi roti selalu habis sebelum kadaluarsa dan tidak ada yang terbuang,” pungkasnya

Lokasi : Perumahan Gips, Kelurahan Bandarlor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri

Instagram : merahdelimabakerykediri

WhatsApp : 0812 8134 8518

Give a Comment