Surya Jaya Gorden, Kainnya Bergelombang Alami Tanpa Lipatan

gorden surya jaya

Asep Badrudin memproduksi gorden sejak 30 tahun silam. Produk bermerek Surya Jaya Gorden ini cukup istimewa dibandingkan produk sejenis di pasaran. Gorden buatan Asep bentuknya bergelombang alami, tanpa lipatan. Trik ini didapatkannya saat menjalani usaha di Bali sebelumnya.

“Kalau gorden kebanyakan disetrika, jadi gelombangnya berbentuk lipatan. Kalau gorden saya pakai uap dari mesin uap laundry,” terang Asep.

Pengaturan jarak antar gelombang pada gorden merupakan proses paling sulit. Pengukurannya harus pas antara tepi atas dan bawah agar bentuk gelombangnya lurus dan bagus. “Saya jarang mempekerjakan orang baru di proses ini karena tidak semua orang bisa. Tidak ada ukuran pastinya karena hanya menggunakan feeling,” tambah pria 50 tahun ini.

Secara umum, proses pembuatan tirai bersifat standar. Setelah kain dipotong sesuai ukuran, kain digantung dan dibungkus plastik. Di bagian bawahnya diberi pemberat timah dan dibentuk gelombang. Kain tersebut kemudian diuap selama beberapa saat untuk mengunci bentuknya. “Gelombangnya ini permanen. Setelah dicuci bentuknya tetap bergelombang,” tandas pria asal Bandung ini.

Karena keunggulannya inilah, ada banyak permintaan gorden dari luar Kota Kediri. Pesanan berasal dari Jombang, Sidoarjo, bahkan Lampung. Sesekali Asep masih menerima pesanan dari Bali meski dia sudah pindah usaha sejak 10 tahun lalu. “Pasar dan harga di Kediri untuk saat ini lebih bagus daripada di Bali karena di sana sudah banyak pesaing,” ungkap bapak tiga anak ini.

Ketika hari biasa, pesanan gorden yang masuk antara satu hingga lima pasang gorden per minggu. Biasanya permintaan paling banyak ketika bulan puasa dan mendekati hari raya Idul Fitri. Dalam seminggu, kapasitas produksi Asep mencapai 4-5 rumah. Rata-rata setiap rumah memesan 3-4 pasang gorden ukuran jendela maupun pintu.

“Meski rumah saya di dalam gang, orang keluar masuk ke rumah saya untuk pesan gorden. Mereka tahu dari internet,” bebernya.

Kebanyakan konsumen datang langsung ke rumah Asep yang berada di Gang 1, Kelurahan Lirboyo untuk memesan gorden. Mereka biasanya menunjukkan ukuran, memilih model, dan jenis kain yang diinginkan. Meski demikian, Asep selalu datang langsung ke rumah konsumen untuk mengukur kembali panjang dan lebar gorden yang dibutuhkan.

Pasalnya konsumen tidak selalu tahu ukuran gorden yang seharusnya. Mereka hanya memberikan ukuran kusen pintu atau jendelanya. Agar mereka tidak kecewa setelah gorden jadi, Asep selalu melakukan pengukuran ulang. “Semua saya datangi. Saya harus mau berkorban tenaga dan waktu agar tidak mendapat complain saat gorden sudah jadi,” tegasnya.

Gorden Surya Jaya
Asep Badrudin mengukur langsung Gorden Surya Jaya yang dipesan pembeli.

Begitu pula dengan konsumen yang lokasinya jauh dari tempat produksi. Agar tidak merugi, Asep memperhitungkan nilai pesanan yang masuk apakah sesuai dengan biaya transportasi yang dikeluarkannya. “Jika hanya satu dua pasang saja, saya sarankan untuk membeli gorden lain yang lokasinya lebih dekat,” tegasnya.

Produk gorden Surya Jaya buatan Asep terbuat dari kain lokal dan impor. Ada juga jenis kain blackout yang tidak bisa ditembus cahaya sama sekali. Harga gorden kain impor Rp 195 ribu – Rp 275 ribu per meter bahan. Itu sudah termasuk jahitan dan lubang-lubangnya.

Sedangkan untuk kain lokal harganya Rp 65 ribu – Rp 80 ribu per meter bahan. Selain kualitas material yang berbeda, ukuran lebar kedua jenis kain ini juga berbeda. Untuk kain lokal lebarnya maksimal 120 cm. Jika lebar pintu lebih dari itu, kain harus disambung. “Sambungan ada di belakang gelombang jadi tidak begitu terlihat. Kainnya juga harus diobras agar rapi,” jelasnya.

Gorden Surya Jaya
Asep Badrudin sedang bersama pekerjanya sedang memproduksi Gorden Surya Jaya.

Sedangkan kain impor lebarnya tidak terbatas. Hanya saja tinggi maksimal 280 cm. Setelah dikurangi jahitan untuk lubang pengait, tinggi maksimal gorden menjadi 265 cm. “Kami sediakan katalog. Sudah ada ratusan bentuk, motif, dan pilihan bahan yang bisa dijadikan referensi calon pembeli,” pungkasnya.

Lokasi : Jalan Raung Gang 1 Kemuning No. 45, Kelurahan Lirboyo, Mojoroto, Kota Kediri

Instagram : suryajayagorden

Facebook : Surya Jaya Gorden Kediri

WhatsApp : 0812 3683 047

Give a Comment